POTENSI KAMPUNG WONOREJO, KECAMATAN PENAWAR AJI, KABUPATEN TULANG BAWANG, LAMPUNG

Wonorejo, Tulang Bawang, 26 September 2017

Kampung Wonorejo mulai berdiri setalah ada penempatan dari transmigrasi lokal pada Tahun 1983.  Perekonomian masayarakat Kampung Wonorejo baru terlihat pertumbuhannya sejak masyarakat menjadi petani plasma Kebun Kelapa Sawit PT. Sumber Indah Perkasa, dengan total lahan plasma 356 Ha, selain itu warga masyarakat juga mengelola perkebunan pribadi, baik kebun sawit atau kebun karet. Selain sebagai petani warga masyarakat Kampung Wonorejo juga sebagai Peternak, mengingat cadangan rumput di lahan perkebunan plasma sawit melimpah. Para peternak di Kampung Wonorejo sebanyak 125 KK lebh, para peternak memelihara Sapi bali dan Kambing, mereka sudah mengorganisasikan dalam wadah Kelompok Tani Bali Makmur, ” Kenapa dinamakan Kelompok Tani Bali Makmur, karena ternak yang dipelihara jenis sapi bali”,  Kata Sdr. Satya Wahyudi, pengurus Kelompok Tani Bali Makmur.

Di Tahun Anggaran 2017, Pemerintah Kampung Wonorejo, Kecamatan Penawar Aji, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung, menganggarkan Dana Desa sebesar Rp. 37.500.000,00, untuk kegiatan bidang pemberdayan kelompok tani, Rp. 25.000.000,00, untuk program penanaman pohon nangka disetiap pekarangan rumah warga dan Rp. 12.500.000,00, untuk kegiatan pembuatan kandang jepit sapi, yang berfungsi sebagai,  tempat perkawinan suntik dan Pemeriksaan kesehatan ternak. Selain untuk kegiatan bidang pertanian, Dana Desa Tahun Anggaran 2017 juga untuk pembiayaan modal Badan Usaha Milik Kampung, yang terrealisasi sebesar Rp. 100.000.000,00, untuk kegiatan pemeliharaan ternak sapi bali, dan dana BUMKam Tahun Anggaran 2016, untuk kegiatan simpan pinjam.

Mudah-mudah dan berharap kedepannya Dana Desa masih bisa diterima oleh Kampung Kami, untuk memperkuat dan membesarkan perekonomian warga.

 

 

 

 

 

 

 

sudah membentuk Kelompok Tani Ternak

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan