PROGRAM SAPI INDUKAN WAJIB BUNTING ( SIWAB ) KAMPUNG WONOREJO, KECAMATAN PENAWAR AJI, KABUPATEN TULANG BAWANG, LAMPUNG

Wonorejo, Selasa 22/11/2017.  Untuk menjadikan Provinsi Lampung swasembada daging, salah satunya program Pemerintah Provinsi Lampung adanya program Sapi Induk Wajib Bunting atau lebih dikenal dikalangan petani ternak sapi “SIWAB”. Program ini disambut baik oleh para petani yang memiliki ternak sapi, untuk di Kampung Wonorejo, Kecamatan Penawar Aji, Kabupaten Tulang Bawang,  program Sapi Indukan Wajib Bunting ( SIWAB ) dilapangan Kelompok Tani Ternak ” Bali Makmur ” Kampung Wonorejo sebagai koordinator yang bekerja sama dengan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Penawar Aji, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung, seperti yang disampaikan oleh Ketua Kelompok Tani Ternak ” Bali Makmur “, Sdr. Satya Wahyudi, kepada wonorejo-penawaraji.desa.id.  Ketua Kelompok Tani Ternak  ” Bali Makmur “, Sdr. Satya Wahyudi, juga mengatakan ” kegiatan ini selain bekerja sama dengan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Penawar aji,  dan ucapan terima kasih atas peranserta Pemerintah Kampung Wonorejo yang sudah menganggarkan Dana Kampung Tahun Anggaran 2017,  sehingga kami Kelompok Tani Ternak ” Bali Makmur ” dapat membuat kandang jepit tempat pemeriksaan kesehatan ternak dan Inseminasi Buatan (IB)”.

Hal serupa juga disampaikan Kepala Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Penawar Aji, Bapak drh.Bagus Setiawan, kepada wonorejo-penawaraji.desa.id ” Program Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB) meliputi, Pemeriksaan Kebuntingan, Inseminasi Buatan (IB) dan Ganguan Reproduksi (Gangrep) yang bertujuan mengantisipasi dan pencegahan penyakit ternak khususnya ternak sapi, kegiatan program SIWAB ini di prioritaskan untuk sapi betina, tapi dalam kegiatan tersebut juga sekaligus adanya kegiatan pemeriksaan hewan ternak sapi betina ataupun sapi jantan”.

Kepala Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Penawar Aji, Bapak drh. Bagus Setiawan,yang juga Alumni Instutut Pertanian Bogor (IPB) angkatan ke-44,  “berharap kedepannya Kelompok Tani Ternak “BALI MAKMUR” dapat menyiapkan bibit induk yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga pendapatan masyarakat bisa meningkat dan program Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB) tercapai sesuai dengan harapan.

 

 

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan