MUSYAWARAH RENCANA KERJA KELOMPOK TERNAK SAPI BALI MAKMUR

  

 Wonorejo-penawaraji.desa.id. Kamis 30/11/2017. Kelompok Ternak “Bali Makmur” melaksanakan  musyawarah rencana kerja tahun 2018 dan menargetkan ternak sapi di Kampung Wonorejo bebas terserang parasit (cacing), upaya yang dilakukan oleh Kelompok Ternak Sapi “Bali Makmur” bekerja sama dengan Pusat Kesehatan Hewan Kecamatan Penawar Aji, mengajak kepada para anggotanya untuk memeriksakan ternak sapi, setiap tiga bulan sekali.  Untuk Tahun 2018 pelayanan kesehatan dan Inseminasi Buatan (IB) dilaksanakan pada bulan Maret, Juni, September dan Desember. Pelayanan Kesehatan dan Inseminasi Buatan dilakukan untuk menjaga kwalitas ternak sapi yang dipelihara oleh warga masyarakat Kampung Wonorejo, seperti apa yang dikatakan oleh Kepala Pusat Kesehatan Hewan Kecamatan Penawar Aji, Kabupaten Tulang Bawang, drh. Bagus kepada kami.

Dalam sambutan Kelompok Ternak Sapi “Bali Makmur” Satya Wahyudi, mengatakan  “ pada tahun 2017, mendapatkan dana dari Pemerintah Kampung Wonorejo, melalui Dana Desa tahun anggaran 2017, sebesar Rp. 12.500.000,00,  untuk program pelayanan kesehatan ternak sapi dan Inseminasi Buatan (IB) dan pembuatan 2 (dua) buah kandang jepit. . Sebanyak 528 ekor sapi diperiksa kesehatannya dan diberikan obat cacing dan 124 indukan sapi di lakukan Inseminasi Buatan (IB)”.

Direncanakan ditahun 2018, Kelompok Ternak “Bali Makmur” mempunyai program Kesehatan hewan ternak sapi, Inseminasi Buatan dan pembuatan kandang koloni, untuk biaya pemeriksaan kesehatan hewan ternak sapi rencana di subsidi dari dana desa tahun anggaran 2018, para peternak sapi membutuhkan  biaya untuk kesehatan hewan ternak sapi (obat cacing) secara mandiri biasanya Rp. 100.000,00 satu kali pelayanan begitu juga dengan setiap pelayanan Inseminasi Buatan (kawin suntik) dengan pembayaran mandiri sebesar Rp. 100.000,00. Dengan adanya subsidi dari Pemerintah Kampung Wonorejo, menggunakan dana desa tahun anggaran 2018, maka para peternak sapi berswadaya iuran untuk kegiatan tersebut Rp. 2.000,00 setiap bulan, dengan pelayanan kesehatan dan inseminasi buatan dilaksanakan pada bulan Maret, Juni, September dan Desember, seperti yang di sampaikan oleh Bapak Rokhani Kepala Kampung Wonorejo, dalam musyawarah Kelompok Tani Ternak “Bali Makmur

“ Dengan program Kesehatan ternak sapi, Inseminasi Buatan (IB) dan pembuatan kandang koloni,  yang pendanaannya menggunakan dana desa, diharapkan kedepannya, Kampung Wonorejo menjadi Kampung kawasan ternak sapi di Kabupaten Tulang Bawang dan Provinsi Lampung, dan bila perlu secara nasional dan adanya peningkatan perekonomian warga masyarakat di Kampung Wonorejo” jelas Bapak Rokhani.

 

Tinggalkan Balasan